top of page
Search
  • Writer's pictureraja blog

Mengenal Pertandingan Olahraga Berkuda dalam Olimpiade

Dalam event olimpiade 4 tahun sekali, cabang olahraga berkuda memiliki tiga nomor yang dipertandingkan, yaitu dressage, three-day eventing, dan show jumping. Berkuda pertama kali dimasukkan dalam Olimpiade 1900 dan muncul kembali pada 1912. Uniknya dalam cabang olahraga berkuda ini merupakan satu-satunya cabang olahraga di mana pria dan wanita dapat bersaing di nomor yang sama.

Biasanya terdapat tiga nomor yang dipertandingkan secara individu dan kelompok, sehingga total menjadi enam nomor. Semua disiplin ilmu dan peraturan olahraga berkuda ini diatur oleh peraturan yang dibuat FEderation Equestre Internationale (FEI).

Dressage

Dressage sering disebut juga balet menunggang kuda dimana kompetisi yang melihat bagaimana kuda membawa penunggangnya dengan mudah dan anggun. Kompetisi dressage menunjukkan tingkat pelatihan yang telah dicapai oleh tim kuda dan penunggangnya bersama-sama.

Selama kompetisi, anda akan melihat kuda ditunggangi dengan kecepatan yang berbeda-beda. Kuda akan diminta untuk bergerak dengan mulus dalam garis lurus dan lingkaran. Kuda-kuda juga akan diminta untuk bergerak dengan lancar dan patuh ke samping secara diagonal.

Show Jumping

Show jumping menguji kemampuan kuda dan penunggangnya untuk melompati serangkaian rintangan di dalam ring berkuda. Kuda akan melompati jalur 10 hingga 16 lompatan yang ditentukan dengan tinggi atau lebar 2 meter.

Terdapat banyak tikungan dan rintangan rumit untuk dilalui dan menguji kelincahan mental dan fisik kuda dan penunggangnya. Tim kuda dan penunggangnya harus menyelesaikan dalam waktu yang ditentukan dan jika rintangan roboh atau terdapat kesalahan, akan ada hukuman yang diberikan.

Skor didasarkan pada jumlah lompatan yang dijatuhkan, sentuhan, penolakan untuk melompat, dan penalti waktu. Pembalap dengan penalti paling sedikit akan menang. Penunggang biasanya memeriksa jalur sebelum pertandingan untuk merencanakan strategi yang akan mereka gunakan.

Three Days Eventing

Eventing adalah ujian keterampilan, keserbagunaan, keberanian, dan daya tahan kuda dan penunggangnya. Three days eventing ini diadakan selama tiga hari dan terdiri dari tiga sub-cabang, yaitu cross country jumping, dressage, dan stadium jumping.

Cross country jumping berlangsung melalui objek alami dan buatan manusia.Ada hingga 40 rintangan yang harus dilompati atau dilalui kuda di sepanjang lintasan yang panjangnya mencapai empat mil. Skor didasarkan pada penolakan, masuk di bawah atau di atas waktu yang ditentukan, dan jatuhnya pengendara.


3 views0 comments
Post: Blog2_Post
bottom of page