top of page
Search
  • Writer's pictureraja blog

Ketahui 7 Kesalahan Umum Pemula dalam Berkuda

Updated: Dec 3, 2021

Apakah anda ingin mencoba berkuda untuk pertama kalinya dan anda merasa gugup? Merasa gugup memang hal yang normal, lagipula anda akan menunggangi hewan hidup yang relatif besar. Anda mungkin juga takut untuk membuat kesalahan, apalagi jika kesalahan ini dapat berujung memberikan cedera bagi tubuh anda.

Oleh karena itu berikut kami rangkum 7 kesalahan umum pemula dalam berkuda yang perlu anda ketahui, sehingga anda dapat menghindari dan meminimalisirnya.


Menggunakan Baju Longgar

Ada alasan mengapa pakaian berkuda, baik Inggris maupun Amerika, pas dan rapi. Syal panjang, celana baggy, sweater besar dengan pinggang longgar, dan pakaian longgar lainnya dapat tersangkut di pelana jika anda terjatuh. Tertangkap di tengah jalan berarti anda bisa terseret, dan itu jauh lebih berbahaya daripada jatuh dari kuda. Sehingga anda harus memastikan untuk menentukan pakaian berkuda apa yang tepat untuk anda.


Menempelkan Diri Anda di Saddle

Tentu saja anda ingin tetap berada di atas kuda dan tidak jatuh. Namun ini merupakan kesalahan besar untuk melekatkan diri anda ke kuda atau pelana dengan cara apapun. Hal ini dapat membuat anda terseret kuda ketika anda terjatuh yang dapat menyebabkan cedera yang buruk daripada sekedar jatuh ke tanah.

Melepaskan Tali Kendali

Tali membantu anda untuk mengontrol kuda. Ketika anda takut, anda akan melepaskan tali ini secara refleks. Ini dapat membuat kuda anda bingung dan takut, terutama jika anda membungkuk dan meraihnya di leher.

Bahkan jika anda takut, pegang kendali itu dan dengarkan apa yang dikatakan pemandu atau pelatih anda. Saat merasa ada yang tidak beres, jangan panik, tarik napas dalam-dalam dan lakukan apa yang diperintahkan.


Memakai Sepatu yang Salah

Sandal jepit, heels, sepatu olahraga, sepatu hiking, dan alas kaki lain yang tidak sesuai dapat menyebabkan bencana jika anda tergelincir atau terjepit di sanggurdi. Ketika pertama kali berkendara, cobalah untuk memakai sepatu bot atau sejenisnya yang dapat mencegah anda tersangkut sanggurdi jika terjatuh.


Berpikir Bahwa Anda Hanya Duduk di Sana

Banyak yang berpikir menunggang kuda hanyalah masalah duduk di sana dan membawanya berkeliling. Tapi, menunggang kuda lebih dari sekadar duduk di pelana dan membiarkan kuda melakukan semua pekerjaan. Berkuda adalah kegiatan yang membutuhkan latihan, keterampilan, koordinasi, dan keseimbangan.


Tidak Percaya Pada Pelatih Anda

Pelatih sudah berpengalaman menangani berbagai jenis kuda dan penunggang pemula. Mereka secara tidak langsung lebih tau daripada kita. Sehingga bagaimanapun anda harus mematuhi perkataan pelatih anda untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika pelatih anda meminta anda untuk menunggangi kuda teluk, tetapi anda ingin menunggangi kuda pinto, ingatlah bahwa pelatih mungkin memiliki alasan mengapa memilih kuda itu untuk anda. Mungkin kuda lain terlihat sangat baik dalam memberikan pengendaranya tumpangan, namun itu mungkin karena penunggangnya yang sudah ahli.


Mencengkeram Saddle untuk Bertahan

Pelana dan Sanggurdi diciptakan untuk membuat anda duduk lebih nyaman dan menjaga keseimbangan anda di atas kuda. Tetapi keduanya tidak boleh digunakan untuk berpegangan karena jika anda terjatuh dapat menyebabkan anda terseret kuda.

Penunggang kuda yang baik tau bagaimana cara menggeser saddel kembali ke tempatnya jika saddle berputar, namun sebagai pemula ada mungkin tidak tau bagaimana caranya. Sebaliknya jika anda tidak tau, anda dapat memegang surai kuda atau tali kendali yang ada di leher kuda.


2 views0 comments
Post: Blog2_Post
bottom of page